Kutipan? apa sih kutipan itu? 🤔
Assalamualaikum...
Hai teman-teman, apakabarnya nih? semoga sehat selalu yaaa. Oiyaaa temen-temen disini sudah tidak asing kan dengan yang namanya "Kutipan". Waktu duduk dibangku sekolah pasti selalu bertemu kutipan disetiap soal bahasa Indonesia kan. Tapi temen-temen sejauh mana sih mengenal apa itu kutipan? mungkin ada yang sebagian sudah tau atau ada yang belum tau sama sekali.
Nah, maka dari itu kelompok B yang ber-anggotakan :
1. Fadli Maula Zaki 1802015040
2. Farhan Yudhanto Putro 1902015117
3. Millah Hanifiyah 1902015146
4. M Nur Arif Syabana 1902015097
5. Yespus Dael 1902015091
6. Suci Setianingrum 1902015014
7. Alyvia Amanda 1902015096
8. Hopipah 1802015126
9. Amalia Kamila 1902015154
- Pengertian Kutipan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kutipan adalah pengambilalihan satu kalimat atau lebih dari karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argumen dalam tulisan sendiri. Penulis dapat menulis ulang terhadap bahan bacaan atau pustaka yang telah dibaca. Bahan bacaan atau pustaka yang digunakan harus dapat dipertanggungjawabkan dalam kegiatan menulis ulang tersebut.
• Tujuan Kutipan
a) Sebagai pendukung argumen atau juga analisa penulis,
b) Sebagai landasan teori dalam mengemukan pemikiran/tulisan kita,
c) Sebagai penjelasan,
d) Sebagai penguat dalam argumen atau pendapat yang dikemukakan.
• Fungsi Kutipan
o Kegiatan pengutipan dapat menghindari pengutip dari kegiatan plagiarisme,
o Membantu pembaca yang ingin memahami lebih lanjut tentang ide pengutip,
o Sumber pengutipan yang digunakan dapat memberikan nilai terhadap karya ilmiah yang sedang atau telah dibuat,
o Pengutipan yang tepat akan mengamankan penulis pada ide orang lain yang salah dan,
o Menguatkan tulisan pengutip melalui kutipan yang dimuat dalam karya ilmiah.
• Jenis-jenis Kutipan
1) Kutipan Langsung
Memiliki dua pola penulisan yang masing-masing pola ditentukan oleh banyaknya teks yang dikutip.
a. Kutipan yang tidak lebih dari 4 baris:
1. Kutipan terintegrasi dengan teks
2. Kutipan diawali dan diakhiri oleh tanda kutip
3. Mencantumkan sumber referensi
Contoh:
Pembelajaran sebagai suatu yang bersifat sistematis tersebut, dinyatakan pula oleh Dimyati dan mudjono (1999: 297) yang menyatakan bahwa, “pembelajaran merupakan kegiatan guru secara terprogram dalam desain intruksional untuk membuat siswa secara aktif, yang menekan pada penyediaan sumber belajar.
b. Kutipan yang lebih dari 4 baris:
1) Kutipan dipisahkan dari teks utama,
2) Kutipan tidak diawali dengan tanda kutip,
3) Kutipan ditulis 1 spasi walaupun teks utama 2 atau 1,5 spasi.
Contoh:
Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia menurut Iskandar Wassid dan
Sunendar (2009: 8) memiliki pengertian,
Pola keterampilan pembelajaran yang dipilih pengajar untuk melaksanakan program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia. Program tersebut dirancang dapat menciptakan situasi pembelajaran yang memungkinkan peserta didik melakukan aktivitas mental dan intelektual secara optimal untuk mencapai tujuan keterampilan berbahasa Indonesia yang terdiri atas keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, membaca, dan menulis.
2) Kutipan Tidak Langsung
Teknis Penulisan :
a) Terintegrasi dengan teks utama
b) Tidak diapit oleh tanda kutip
c) Teks kutipan sesuai dengan teks utama.Jika 1 spasi, maka 1 spasi, begitu pula jika 1,5 atau 2 spasi.
d) Mencantumkan sumber kutipan
Contoh:
Majas menurut Nurgiyantoro (1987:297) merupakan kata-kata yang tidak menunjuk pada makna harfiah melainkan pada makna yang ditambah atau makna yang tersirat
• Teknik Mengutip Berdasarkan Penulisan Sumbernya
a) Catatan Dalam Tubuh Karangan (Body Note)
- Nama Pengarang
- Tahun
- Halaman
b) Catatan Kaki (Foot Note)
- Nomor Petunjuk
- Nama Pengarang
- Judul
- Data Kepustakaan
- Halaman
• Kiat-kiat Mengutip
Menerangkan Kutipan
Membahas kembali kutipan yang telah dikutip, denngan mengaitkan antara kutipan dengan pembahasan yang akan dibahas.
Menyimpulkan beberapa kutipan
Kutipan-kutipan tersebut harus satu konsep atau sederajat sehingga memungkinkan untuk melakukan penyimpulan.
Menerangkan Kutipan
Membahas kembali kutipan yang telah dikutip, dengan mengkaitkan antara kutipan dengan pembahasan yang dibahas.
Membandingkan Beberapa Kutipan
Mengidentifikasikan perbedaan yang ada antara satu kutipan dengan kutipan lainnya.
Berikut ini video presentasi kelompok B
Comments
Post a Comment